Kamis, 27 Oktober 2011

Mengenal Jam Biologis Manusia

PernahkahAnda bertanya, mengapa saat malam kita mengantuk? Atau mengapa bilamasyarakat pedesaan yang belum ada listrik cenderung tidur lebihcepat? Jawabannya adalah karena adanya hormonmelatonin


SCNakan memerintahkan tubuh untuk mengeluarkan hormon melatonin ini saathari sudah gelap. Selanjutnya, hormon melatonin akan memerintahkantubuh untuk beristirahat.


Namundengan kehadiran lampu listrik yang membuat suasana malam harimenjadi terang menghambat dikeluarkannya hormon melatonin, sehinggasaat ini jam tidur manusia lebih larut malam daripada sebelumnya.


Tubuhkita mudah beradaptasi. Misalnya, untuk pekerja yang bekerja saatmalam hari, SCN akan beradaptasi dalam mengeluarkan hormon melatoninsehingga mereka akan tetap terjaga walaupun hari sudah gelap.


Bilamalam semakin larut, kita akan lebih merasakan kantuk, ini disebabkanhormon melatonin yang dihasilkan semakin meningkat dan juga turunnyasuhu tubuh dan tekanan darah dalam tubuh.


HormonDalam Tubuh Saat Kita Tidur


Agardapat memperbaiki sel-sel yang rusak, tubuh membutuhkan tidur. Tidursehat manusia adalah 7 sampai 9 jam setiap hari. Perbaikan sel inidipicu oleh hormon yang bernama Human Growth Hormone (HGH).


Karenaitu, dengan tidur yang cukup rata-rata 8 jam per hari, sama sajadengan membiarkan tubuh Anda memulihkan tubuh kembali. Tentu ini akanmembuat Anda bangun dengan sehat pada pagi hari setelah tidur yangcukup.


Makanmakanan asin dapat membuat tubuh dehidrasi, sehingga dapat mengalamiretensi air yang menyebabkan hipertensi ringan, akibatnya prosesperbaikan sel terganggu dan tidur Anda terganggu.


Mengkonsumsimakanan manis dapat membuat kita sulit tidur karena otak akanmemerintahkan untuk mengeluarkan hormon insulin. Akibatnya gula yangada dalam pembuluh darah akan disimpan dalam sel otot, hati danlemak.


Karenakadar gula dalam tubuh rendah, otak akan memerintahkan untukmengeluarkan hormon kortisol yang memecah lemak menjadi gula. Efeksamping dari hormon kortisol adalah dapat memicu stres sehingga waktutidur Anda akan terganggu karena rasa stres yang ada.


MengapaAnda Mampu Menahan Kencing saat Tidur?


PernahkahAnda bertanya mengapa meskipun tidur lebih dari 8 jam, Anda tidakmerasakan ingin buang air kecil pada saat tertidur? Saat kita tidur,tubuh memproduksi hormon vasopressin yang menghambat pengeluaranurine sehingga kita bisa tidur tanpa terganggu harus ke kamar kecil.


JamBiologis Pagi Hari


Saatpagi hari, minumlah segelas air hangat yang akan mendorongenzim-enzim yang ada dalam mulut ke dalam lambung untuk prosesdetoksifikasi. Tunggu 20 menit sebelum Anda mengkonsumsi sarapan atauminuman lainnya, karena bila waktu kurang dari 20 menit, manfaat yangdihasilkan kurang optimal.


Olahragapada jam 5 pagi kurang bermanfaat karena suhu tubuh masih rendah danotot belum panas. Berolahragalah jam 7 pagi. Pada jam ini tubuhmenghasilkan hormon serotonin yang meningkatkan mood. Berjemur dibawah sinar matahari pagi dapat meningkatkan produksi hormon ini.


Tubuhkita berada dalam kondisi optimal 3 jam setelah bangun tidur. Saatitu, darah sudah mengaliri tubuh dengan sempurna sehingga semua zatyang dibutuhkan tubuh dapat terpenuhi dengan baik.


JamBiologis Tubuh Lainnya


Saattepat untuk perawatan kulit adalah jam 16.00 karena pada saat itutubuh dalam suhu yang paling tinggi sehingga pori-pori terbuka dannutrisi terserap sempurna.


Jam17.00 tubuh dalam kondisi puncak dalam menahan rasa sakit, sehinggatepat bila ingin ke dokter gigi atau di suntik.


Jam18.00 merupakan saat yang tepat untuk berolahraga, karena kekuatandan fleksibilitas tubuh dalm kondisi puncak. Disebabkan kandunganglikogen pada saat itu di dalam tubuh cukup banyak.


Glikogenmerupakan simpanan karbohidrat dalam bentuk glukosa di dalam tubuhyang berfungsi sebagai salah satu sumber energi.


Sumber: ForumkamiNET

Tidak ada komentar:

Posting Komentar