Rabu, 26 Oktober 2011

Manfaat Lalat Bagi Limbah Biologis Di Muka Bumi



Selain mikroba atau cacing, ternyata adahewan lain yang dapat mengurai limbah rumah tangga. Ini penting untukmengurangi sampah bumi.

Sekelompok peneliti Universitas Alicante,Spanyol, mengadakan proyek penelitian yang membuktikan larva lalat dapatmengurai tinja hewan dan manusia. Artinya, larva lalat bermanfaat mengurangijumlah limbah biologis di muka bumi ini.

Kelompok peneliti riset terapan ini menelitimanfaat serangga dalam kehidupan sehari-hari. Dipimpin oleh Profesor SantosRojo dan bekerja sama dengan perusahaan Flysoil SL, mereka bersama-samamengembangbiakkan lalat Hermetia illucens untuk industri.

Lalat ini aslinya berasal dari wilayahtropis, tapi telah masuk ke kawasan Mediterania sejak 1960. Larva lalat inimampu memakan dan mengurai berbagai material organik.

Mereka meneliti kotoran hewan dari kebunbinatang selama dua tahun di lokasi proyek percontohan di Terra NaturaBenidorm. Dari proyek itu ditemukan bahwa larva lalat mampu mengurai 90% tinjahewan, sedangkan 10% sisanya dapat diubah menjadi pupuk kompos.

Proyek ini terbagi menjadi dua kegiatanutama, yakni tempat pengembangbiakan dan penetasan larva, dan satu lagi adalahlokasi tempat larva bekerja mengurai tinja.

Di tempat ini, sebanyak 20 juta larva dapatmengurai satu ton tinja per hari. Ini menunjukkan cara tersebut jauh lebihefektif ketimbang teknik komposting yang menggunakan cacing.

Sumber : ForumkamiNET

Tidak ada komentar:

Posting Komentar